Mitos-Mitos Floor Coating

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui apa yang dinamakan floor coating. Karena ketidaktahuan itulah muncul beberapa mitos mengenai floor coating, terutama terkait dengan metode dan manfaatnya. Floor coating pada dasarnya pelapis lantai sekaligus pengilat lantai. Bentuk dari floor coating ini adalah cairan yang berwarna putih susu. Kegiatan dalam floor coating secara garis besar bertujuan untuk melapisi lantai sebuah bangunan agar lantai lebih tahan lama.

Mitos Seputar Floor Coating

Tak hanya melindungi lantai sehingga membuat lantai tahan lama. Floor coating juga memberikan efek kilap pada lantai. Dengan floor coating ini lantai bangunan Anda akan memberikan kesan bersih, rapi, dan mengkilap. Sebagian orang yang belum tahu tentang floor coating ini mungkin beranggapan pada mitos-mitos berikut ini.

  • Perawatan lantai dengan floor coating mahal.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa perawatan lantai dengan lapisan floor coating ini mahal. Anggapan perawatan mahal itu adalah mitos. Justru dengan menggunakan floor coating ini dapat menghemat biaya perawatan. Lantai dengan floor coating ini karena akan tahan terhadap goresan, larutan, bekas sepatu, kotoran lain. Memang sedikit lebih mahal di awal namun dapat hemat biaya perawatan rutin.

  • Sering mengepel lantai maka lantai semakin baik.

Beberapa orang yang belum mengetahui beranggapan bahwa semakin sering mengepel lantai maka semakin baik. Anda jangan menyamakan lantai yang dilapisi floor coating dengan lantai keramik biasa. Bila Anda sering mengepel lantai yang dilapisi floor coating dengan sabun pembersih lantai justru semakin banyak residu yang menempel pada lantai. Akibatnya lantai menjadi kurang mengkilap dan terasa licin.

  • Penggunaan floor coating hanya untuk lantai sebuah bangunan saja.

Meski namanya floor coating bukan berarti cairan ini digunakan hanya untuk lantai saja. Floor coating ini sebenarnya upaya melapisi dengan cat epoxy. Penggunaan cat epoxy ini juga bisa melapisi beragam jenis lantai keras seperti superbata, tegel, lantai kayu, terakota, dan beton. Tak hanya itu saja cat epoxy ini juga sering digunakan untuk melapisi body dari kendaraan bermotor.

Tiga point di atas merupakan ulasan mitos mengenai floor coating. Manfaat dari penggunaan pelapis lantai floor coating ini pada lantai bangunan diantaranya yang pertama adalah biaya perawatan yang cukup murah. Penggunaan lantai dengan floor coating ini justru dapat menghemat biaya pemeliharaan. Manfaat yang kedua adalah tidak memerlukan sambungan dan steril. Lantai dengan cat epoxy terlihat menarik hanya perlu pelapisan yang baik tanpa harus ada sambungan pipa pvc atau kerangka besi tambahan. Manfaat yang ketiga adalah awet serta tahan lama. Lapisan ini memang membuat lantai tak rentan akan kerusakan. Bagi Anda yang ingin lantai tak mudah pecah maka gunakan floor coating ini.