6 Kekurangan Jual Beli Online yang Harus Anda Ketahui

Jual beli online beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan banyaknya situs jual beli online yang masuk dalam pasar di dunia maya saat ini, jika melihat dari sisi keuntungan tentunya akana sangat banyak sekali kelebihan dari usaha jual beli online, hal ini dipengaruhi oleh akses internet yang saat ini sudah memiliki jaringan yang sangat baik hampir diseluruh penjuru dunia, oleh sebab itu akses jual beli online tidak terbatas, dan dapat dengan mudah menyesuaikan dengan pangsa pasar, jadi bagi anda yang dapat melihat peluang usaha dapat dengan mudah menentukan kebutuhan masyarakat saat ini dan meraih pundi – pundi keuntungan dari hasil tersebut. usaha jual beli online juga dapat dilakukan dalam waktu senggang anda, sehingga anda dapat melakukan pekerjaan lain, jadi anda dapat berwirausaha di sela sela pekerjaan resmi anda. Akan tetapi selain ada kelebihan pasti ada kekurangan dalam hal apapun itu, bagi anda yang berminat untuk memulai usaha jual beli online minimal harus mengenal kekurangan dalam usaha jual beli online agar anda dapat meninimalisir terjadi kesalahan dalam melakukan usaha ini.

Adapun beberapa kekurangan dari usaha jual beli online sebagai berikut:

  1. Butuh kemauan keras dan ketekunan

Bagi anda yang memiliki semangat juang dan juga ketekunan, serta kemauan yang rendah, ada baiknya anda jangan mencoba berjualan online. meskipun terlhat mudah dalam mengaplikasikannya, namun apabila anda tidak memiliki semangt tingi dalam membangun bisnis toko online, maka bisnis toko online anda tidak akan berjalan dengan mulus.

  1. Teknik marketing yang agak sulit apabila tidak memahami

Meskipn terlihat mudah, namun tetap saja berjualan online membutuhkan bakat dan juga trik khusus dalam aplikasinya. Misalnya saja adalah bagaimana kita mempromosikan toko online kita, baik di media sosial maupun situs e-commerce. Teknik marketing dan penjualan ini bisa dipelajari, namun terkadang cukup sulit untuk dipahami, dan tidak bisa dilakukan secara instan.

  1. Sabar dalam menghadapi pelanggan

Kesabaran dalam menghadapi pelanggan juga harus bisa kita latih sebagai penjual toko online. banyak pelanggan yang cerewet dan juga banyak bertanya dan juga banyak melakukan complain, sehingga sangat mengganggu kenyamanan kita sebagai seller.

  1. Rawan akan penipuan

Penipuan merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sistem jual bel online, baik menggunakan media sosial maupun e-commerce.

  1. Barang rusak saat pengiriman

Akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan pelayanan ekstra dengan packing khusus namun dengan tambahan biaya, hal tersebut bisa disepakati antara penjual dan pembeli di jual beli online.

  1. Bagai membeli kucing dalam karung

Dengan membeli barang dalam jual beli online otomatis anda tidak melihat barang secara langsung, artinya anda tidak dapat memeriksa apakah barang yang anda beli memiliki kerusakan tertentu atau tidak secara detailnya.

Beberapa ulasan diatas merupakan beberapa hal mengenai kekurangan dari jual beli online, semoga ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan anda sebelum anda memulai usaha jual beli online.