Fakta Menarik Tentang Jual Beli Online

Internet bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia, hal ini telah mendarah daging di masyarakat, ada yang memanfaatkan hanya sebagai media untuk berekspresi di sosial media dan tidak sedikit pula yang berbisnis memanfaatkan internet, jual beli online misalnya, beberapa tahun  belakangan ini jual beli online menjadi salah satu alasan mengapa seseorang membuka atau mengakses internet.  Pada kenyataannya, jual-beli online sudah terbilang cukup marak di Indonesia, meski ada juga kelompok yang belum berani berpartisipasi dalam  jual beli online sebagai rantai ekonomi berbasis digital ini.

Disini saya akan mengulas tentang fakta menarik mengenai jual beli online, berdasarkan fakta dan kenyataan dilapangan yang sering kita jumpai.

  1. Pelaku Jual Beli Online Mayoritas Perempuan

Kita ketahui bersama perempuan masih dominan soal berbelanja, baik secara offline maupun online. Hal ini terbukti bahwa sekitar  58% pelaku belanja online adalah perempuan. Apabila  pasangan anda banyak menghabiskan waktunya mengintip barang dagangan yang dijual di Lazada atau Luxola misalnya, jangan khawatir karna hal tersebut telah menjadi lumrah  karena sebagian besar pasangan orang lain kemungkinan juga melakukan hal yang sama.

  1. Jenis Produk Yang Paling Laris Adalah Busana

Apabila melihat  pelaku jual beli online mayoritas adalah perempuan maka tidak heran apabila busana adalah komoditas paling laku di kegiatan jual beli online. Busana mencatatkan angka 71,6% dari seluruh produk yang dibeli secara online, kemudian disusul oleh kosmetik dengan angka 20%. Di posisi ketiga ada gadget yang mendapat porsi sebesar 17,1%. Peringkat keempat dan kelima diduduki oleh jasa travel dan buku, yang masing-masing memiliki persentase sebesar 9,7%.

  1. Transaksi paling sering berlangsung via jejaring sosial

Dari tujuh media penjualan online – forum jual-beli, jejaring sosial, mailing list, blog, online store, messenger dan komunitas online – jejaring sosial menempati kedudukan pertama sebagai tempat yang paling banyak dimanfaatkan oleh pedagang online di Indonesia, tepatnya sebesar 64,9%.

  1. SMS banking adalah metode pembayaran terpopuler

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat tidak menjadi masalah domisili anda dimana, semuanya jadi serba mudah, tak heran jika sms banking adalah metode yang banyak digunakan oleh pelaku jual beli online sebagai transaksi antara penjual dan pembeli. Disusul dengan internet banking di posisi kedua sebagai metode yang banyak dipilih untuk transaksi.

  1. Alasan tidak berbelanja online paling umum

Terlepas dari keempat fakta di atas, nyatanya masih banyak masyarakat yang enggan untuk berbelanja online karena beranggapan bahwa jual beli online prosesnya rumit dan memakan waktu yang lama, selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa jual beli online rawan penipuan dan dikhawatirkan barang yang diterima tidak sesuai dengan barang yang yang diinginkan.